Struktur Teks Anekdot Beserta Pengertian dan Kaidahnya

Categories : Pendidikan

Ketika belajar bahasa Indonesia, Anda pastinya akan di perkenalkan dengan struktur  dari teks anekdot. Teks ini memang sangat uni yang mana berisi mengenai cerita singkat yang mengandung unsur lucu. Bahkan tak jarang jika teks anekdot ini berisi mengenai unsur pendidikan dan juga kehidupan. Pada teks ini, semua kritikan dapat terbungkus dengan bahasa, pembahasan dan model yang berkesan lucu dan juga menarik.

Selain itu, teks ini juga merupakan berupa cerita yang menggambarkan sebuah kejadian nyata maupun fiksi. Dan semuanya ini akan tergantung dari mengenai bagaimana ide dan penyampaian dari orang yang menceritakan. Teks anekdot juga diceritakan dengan kisah yang sangat singkat, sehingga orang yang membaca juga tidak akan merasa bosan. Nah, berikut ini pembahasan mengenai struktur teks anekdot beserta pengertian dan kaidah nya:

Pengertian dari teks anekdot

Pengertian dari teks anekdot ialah sebuah cerita singkat lucu dan juga menarik yang dapat menjadi gambaran mengenai seseorang maupun sebuah kejadian tertentu. Teks anekdot sendiri bukan hanya sekedar lelucon saja, sebab umumnya anekdot ini akan menceritakan mengenai sindiran alami pada suatu hal. Contoh teks anekdot cukup beragam, ada yang kisahnya memiliki tema kehidupan, tentang sekolah, tentang pendidikan dan akan banyak lagi. Kritik juga akan menjadi sebuah tema yang kerap di kisah kan dalam anekdot dan kritik inilah yang dapat di tujukan untuk layanan public, lingkungan dan politik. Pada dasarnya teks anekdot tidak panjang, sebab yang penting ialah singkat serta bisa sesuai dengan struktur teks anekdot beserta pengertian dan kaidahnya. Tujuannya ialah agar pembaca maupun pendengar bisa terhibur dan tertawa.

Struktur teks anekdot

  • Orientasi: untuk yang pertama ialah orientasi ialah mengenai bagian isi dimana di dalamnya akan berisi mengenai latar belakang maupun awal dari sebuah peristiwa yang terjadi.
  • Abstraksi: struktur ini ada pada awal paragraf anekdot, dimana isinya berupa gambaran mengenai isi dari teks yang akan diceritakan.
  • Krisis: ini merupakan struktur yang isinya mengenai inti dari masalah yang sudah diceritakan pada teks.
  • Re-orientasi: adalah bagian dari akhir atau penutup teks.
  • Event: yang berisi mengenai rangkai dari peristiwa maupun cerita yang akan terjadi.
  • Koda: merupakan sebuah perubahan yang terjadi serta yang di alami tokoh.
  • Reaksi: ialah langkah penyelesaian dari masalah yang terkait dengan inti masalah yang muncul dibagian krisis.
Baca Juga  Pengertian Globalisasi, Pengaruh & Dampak Positif Negatifnya

Struktur Teks Anekdot Beserta Pengertian dan Kaidahnya

Kaidah teks anekdot

Agar dapat membuat teks anekdot yang lucu maka Anda pun perlu untuk memahami mengenai kebiasaan yang dipakai didalam teks yang dibuat. Sebab sama seperti teks lainnya, kaidah bahasa memang perlu sekali untuk diperhatikan sehingga dapat membuat anekdot yang benar. Kaidah dari teks anekdot ini umumnya akan meliputi kalimat perintah, pertanyaan retorik, kalimat penghujung, keterangan waktu lampau, kata kerja, urutan kejadian dan lainnya.

Demikianlah sekilas info mengenai struktur teks anekdot beserta pengertian dan kaidahnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Struktur Teks Anekdot Beserta Pengertian dan Kaidahnya | daftarcarabuatakun | 4.5