Stakeholder Adalah? Pengertian Teori Stakeholder Dan Contohnya

Categories : Pendidikan

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata stakeholder. Bukan hanya sebuah kata, tetapi kata tersebut memiliki makna dan teorinya sendiri. Terutama untuk Anda yang memiliki perusahaan atau yang ingin mendirikannya harus mengetahui teori dan contoh stakeholder. Setiap perusahaan selalu memiliki stakholdernya masing-masing. Itulah kenapa memahami makna, teori, dan contoh stakeholder bagi pengusahaan atau pebisnis sangat penting.

Tetapi yang perlu diingat bahwasanya sebuah teori dipelajari selalu untuk diterapkan dalam permasalahan nyata. Jadi pada artikel kami kali ini akan membahas terkait Stakeholder Adalah? Pengertian Teori Stakeholder Dan Contohnya. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait pembahasan ini, Anda bisa membaca penjelasan kami berikut ini!

Pengertian Teori Stakeholder

Freeman (1984) adalah seorang yang pertama kali mengemukakan studi tentang stakeholder, yaitu Strategic Management: A Stakeholder Approach. Studi ini yang selanjutnya akan membahas mengenai beberapa konsep terkait stakeholder dan konsep tanggungjawab perusahaan. Sebenarnya konsep-konsep yang membahas mengernai tanggungjawab perusahaan sudah ada sejak awal tahun 1970 dan secara umum dikenal dengan istilah stakeholder theory.

Stakeholder theory merupakan praktik dan kebijakan yang berhubungan dengan stakeholder, pemenuhan ketentuan hukum, nilai-nilai, komitmen dunia usaha, serta penghargaan masyarakat dan lingkungan. Keberadaan suatu perusahaan tidak sangat dipengaruhi oleh dukungan yang diberikan oleh stakehoder, maka dari itu perusahaan bukan sesuatu yang berjalan demi kepentingannya sendiri, tetapi juga untuk kepentingan supplier, konsumen, masyarakat, analis, pemerintah, dan pihak lainnya.

Stakeholder Adalah

Deggan (2004) juga mendefinisikan pengertian dari teori stakeholder, menurutnya stakeholder adalah teori yang menjelaskan bahwa stakeholder memiliki hak memperoleh informasi setiap aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan dan juga memiliki hak suara dalam pengambilan kebijakan. Stakeholder juga memiliki hak masing-masing untuk menggunakan maupun tidak menggunakan informasi tersebut dalam pengambilan kebijakan.

Baca Juga  Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum

Pada pembahasan di atas kami sudah menjelaskan kepada Anda terkait makna dan pengertian teori stakeholder kepada Anda, karena kami sudah mengatakan akan menjelaskan Stakeholder Adalah? Pengertian Teori Stakeholder Dan Contohnya, itu artinya pada pembahasan setelah ini kami akan menunjukkan contoh stakeholder yang perlu Anda ketahui.

Contoh Stakeholder

Kami akan menunjukkan kepada Anda contoh stakeholder yang perlu Anda ketahui. Apa saja contoh-contoh tersebut akan kami uraikan dalam pembahasan berikut ini!

  1. Instrumental

Teori ini menjelaskan beberapa hal, yaitu bahwa untuk meningkat kinerja perusahaan salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan memperhatikan kesejahteraan stakeholder, selain itu kerjasama yang dilakukan juga saling menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Normatif

Teori ini memberikan gambaran kepada pengelola perusahaan atau manajer perusahaan terkait pengelolaan perusahaan agar dapat memberikan keuntungan kepada pihak-pihak terkait.

Demikian sedikit pembahasan yang bisa kami berikan kepada Anda terkait Stakeholder Adalah? Pengertian Teori Stakeholder Dan Contohnya. Semoga apa yang kami jelaskan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Stakeholder Adalah? Pengertian Teori Stakeholder Dan Contohnya | daftarcarabuatakun | 4.5