Pengertian Manajemen Pemasaran + Fungsi dan Contoh

Jika Anda berkecimpung dalam dunia usaha jual-beli, maka Anda pasti akrab dengan istilah pemasaran. Pemasaran juga harus dilakukan dengan benar agar mampu memberikan hasil yang positif bagi usaha.Maka, pemasaran membutuhkan sebuah manajemen. Nah kali ini kita akan membahas tentang pengertian manajemen pemasaran + fungsi dan contoh.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Secara harfiah pengertian manajemen pemasaran+ fungsi dan contoh adalah upaya mengimplementasikan strategi penjualan produk yang sesuai dengan target. Sementara pengertian manajemen pemasaran menurut ahli adalah strategi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan atas produksinya, sehingga hal itu juga bisa menjaga eksistensinya di pasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Fungsi Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran mempunyai fungsi penting bagi keberlangsungan produksi perusahaan. Karena manajemen tersebut juga berimbas langsung terhadap perputaran keuangan perusahaan.

Pengertian Manajemen Pemasaran + Fungsi dan Contoh

  • Fungsi Jual-Beli

Pada dasarnya jual-beli adalah aktivitas yang bersifat timbal-balik antar produsen dengan konsumen. Proses tersebut dalam pemasaran dikenal dengan istilah pertukaran. Melalui implementasi manajemen yang baik dan benar, maka pemasaran yang dilakukan bisa menimbulkan aktivitas jual-beli yang memberi dampak positif. Melalui manajemen ada keuntungan yang diperolehdari proses jual-beli, baik untuk produsen maupun konsumen.

Pengertian Manajemen Pemasaran + Fungsi dan Contoh

  • Fungsi Pemrosesan Produk

Pengelolaan produk tersebut dimulai dari fase proses produksi, pengangkutannya, sampai aspek penyimpanannya. Misalnya membuat fase produksi buah semangka yang dikerjakan di perkebunan. Setelah berhasil dipanen, selanjutnya buah semangka diolah, dan diangkut menuju pasar. Kemudian sampai di pasar, tentunya buah membutuhkan tempat penyimpanan yang layak agar tidak mudah busuk. Inilah yang menjadi salah satu fungsi dari manajemen pemasaran.

  • Fungsi Pengelolaan Pasar

Melalui manajemen tersebut seseorang bisa mengelola pasar yang akan dituju untuk menjual produknya. Pengelolaan tersebut meliputi penentuan target pasar, pendataan konsumen, penentuan harga, dan penetapan target penjualan. Sehingga dengan menerapkan hal tersebut, Ia bisa memperoleh hasil penjualan yang maksimal.

Baca Juga  Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum

Contoh Manajemen Pemasaran

Berikut ini adalah contoh manajemen pemasaran. Manajemen yang dilakukan oleh Ardi pada sebuah produk buah-buahan, yaitu melon. Manajemen dimulai sejak Ardi memproduksi buah melon dari para petani melon yang ada di desanya. Setelah diproduksi, kemudian Ardi melalukan riset harga di pasaran serta menjadikannya sebagai landasan untuk menentukan harga jual buahnya.

Setelah berhasil menentukan harga jual Rp 8.000 per kg, selanjutnya Ardi mengangkut buah melon ke pasar. Kemudian untuk menarik minat konsumen, Ardi memberikan harga spesial yaitu apabila membeli lebih dari 5 kg maka konsumen memperoleh potongan harga Rp 5.000. Setelah berhasil menjual semua buahnya, Ardi melakukan perhitungan atas penjualan tersebut.

Nah itlah tadi informasi mengenai pengertian manajemen pemasaran + fungsi dan contoh.Selain manajemen pemasaran, masih ada bentuk manajemen lainnya yang bisa dipelajari, misalnya manajemen sumber daya manusia serta juga manajemen keuangan. Semoga bermanfaat.