Pengertian Kewirausahaan atau Wirausaha Menurut Para Ahli

Categories : Pendidikan

Jiwa kewirausahaan merupakan jiwa yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin memulai bisnis. Karena, tanpa memiliki jiwa kewirausahaan bisa jadi bisnis yang sedang dirintis berhenti di tengah jalan karena disebabkan karena hal yang sederhana. Seperti halnya ketidakmampuan dalam mengatasi kepercayaan diri untuk menjalankan bisnis. Sebenarnya apa pengertian kewirausahaan atau wirausaha menurut para ahli? Secara bahasa, kewirausahaan mempunyai pengertian sebagai suatu proses untuk mengembangkan, mengidentifikasi dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Kewirausahaan

“Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha. Menurut kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti pejuang, berani atau berwatak agung. Sedangkan kata Usaha berarti bekerja, berbuat amal atau berbuat sesuatu.

Sedangkan menurut istilah, Kewirausahaan merupakan tujuan untuk menerapkan ide inovatif dan memanfaatkan peluang untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai. Kewirausahaan mempunyai proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai dengan tenggang waktu, modal, sumber daya dan resiko.

Pengertian Kewirausahaan atau Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian kewirausahaan atau wirausaha menurut para ahli, berikut ini pengertian kewirausahaan menurut para ahli:

  1. Drs. Joko Untoro

Pengertian kewirausahaan menurut Drs. Joko Untoro adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

  1. Eddy Soeryanto Soegoto

Pengertian kewirausahaan menurut Eddy Soeryanto Soegoto adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

  1. Ahmad Sanusi

Arti kewirausahaan menurut Ahmad Sanusia adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

  1. Soeharto Prawiro
Baca Juga  Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Beserta Fungsi, Model, Jenisnya

Arti kewirausahaan menurut menurut Soeharto Prawiro adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

  1. Peter Drucker

Pengertian kewirausahaan menurut Peter Drucker adala kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.

Tujuan Berwirausaha

Seseorang memutuskan untuk berwirausaha pasti memiliki tujuan. Selain untuk diri sendiri, seorang wirausahawan juga melakukan kegiatan wirausaha untuk kepentingan orang lain. Adapun berikut ini tujuan berwirausaha:

  • Membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain dan membantu mereka untuk menjadi pengusaha mandiri.
  • Menciptakan jaringan bisnis yang baru untuk menyerap banyak tenaga kerja di sekitarnya.
  • Meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan masyarakat di sekitarnya dengan membuka lapangan kerja.
  • Menularkan semangat berwirausaha kepada orang lain.
  • Membantu pengusaha muda untuk lebih berkreasi dan berinovasi.

Demikian ulasan mengenai pengertian kewirausahaan atau wirausaha menurut para ahli. Semoga dengan adanya artikel ini, semakin meningkatkan semangat kita untuk berwirausaha dan menghasilkan hal-hal yang baru. Semoga bermanfaat.

Pengertian Kewirausahaan atau Wirausaha Menurut Para Ahli | daftarcarabuatakun | 4.5