Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum

Categories : Pendidikan

Di dalam sebuah kekuasaan lembaga, hukum merupakan sebuah sistem paling penting yang menjadi media pelaksanaan. Jika terjadi kasus penyalahgunaan atau pelanggaran dalam semua bidang, baik politik, ekonomi maupun sosial, hukum memainkan peranan sebagai perantara. Untuk memainkan fungsinya dengan lebih maksimal, hukum terbagi menjadi dua tipe, yaitu hukum pidana dan perdata. Dalam dua tipe ini, proses jalannya perkara serta sanksi yang diberikan kepada pelanggar juga berbeda. Lalu, Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum itu seperti apa? Langsung saja simak ulasannya berikut.

Pengertian Hukum

Hukum merupakan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan masyarakat. Selain itu, juga terdapat pengertian hukum menurut para ahli, sebagai berikut:

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum

  • Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja

Hukum menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja merupakan keseluruhan kaidah-kaidah serta asas-asas yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat dan bertujuan memelihara ketertiban serta meliputi lembaga-lembaga dan proses guna mewujudkan berlakunya kaidah sebagai kenyataan dalam masyarakat.

  • Bellfoid

Bellfoid berpendapat bahwa Hukum yang berlaku di suatu masyarakat mengatur tata tertib masyarakat itu didasarkan atas kekuasaan yang ada pada masyarakat.

  • Prof. Dr. Van Kan

Pengertian Hukum menurut Prof. Dr. Van Kan adalah keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat.

  • Borst

Pengertian Hukum adalah keseluruhan peraturan bagi kelakuan atau perbuatan manusia di dalam masyarakat. Yang pelaksanaannya dapat dipaksakan dan bertujuan mendapatkan tata atau keadilan.

  • Mr. E.M. Meyers

Hukum menurut Mr. E.M. Meyers adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan. Ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat dan yang menjadi pedoman bagi penguasapenguasa negara dalam melakukan tugasnya.

  • J.C.T. Simorangkir

J.C.T. Simorangkir mengartikan Hukum sebagai peraturan yang bersifat memaksa dan menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat dan dibuat oleh lembaga berwenang.

Baca Juga  Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer/Sekunder)

Tujuan Hukum

Secara garis besar, hukum di berbagai negara mempunyai tujuan yang hampir sama yaitu untuk ketertiban, ketenteraman, kedamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan dalam tata kehidupan bermasyarakat. Namun, untuk lebih jelasnya, berikut ini

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum:

  1. Tujuan hukum yaitu untuk mengatur berjalannya kehidupan bermasyarakat yang teratur dan damai, sehingga prinsip keadilan bisa diterapkan.
  2. Melindungi hak dan kepentingan setiap individu. Sehingga tidak bisa dicampuri oleh orang lain dan tercipta kehidupan bermasyarakat yang harmonis.
  3. Untuk mengatur pergaulan manusia, agar tidak ada orang yang melakukan hal yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum. Di harapkan dengan adanya artikel ini menyadarkan kita bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan pasti ada hukumnya. Maka dari itu, gunakan hidup dengan sebaik mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat.

Source :
    PENGERTIAN hukum tata lingkungan MENURUT AHLI PDF

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum | daftarcarabuatakun | 4.5