Pengertian Globalisasi, Pengaruh & Dampak Positif Negatifnya

Categories : Pendidikan

Dewasa ini, banyak orang mulai membicarakan globalisasi karena memang dalam kehidupan tidak akan lepas dari yang namanya globalisasi. Namun taukah Anda pengertian globalisasi, pengaruh & dampak positif dan negatifnya globalisasi? Nah, untuk mengetahuinya, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Globalisasi

Sesuai dengan judulnya pengertian globalisasi, pengaruh & dampak positif dan negatifnya, kini kita akan ulas pengertian globalisasi yang sebenarnya. Sebenarnya, globalisasi merupakan serapan dari bahasa Inggris globalization. Kata globalization berasal dari kata global yang berarti universal yang mendapat imbuhan -lization yang dimaknai sebagai proses. Jadi dari asal mula katanya, globalisasi diartikan sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik berupa informasi, pemikiran, gaya hidup dan teknologi secara mendunia.

Pengaruh Globalisasi

Semakin berkembang nya globaslisasi tentunya menimbulkan beberapa pengaruh pada kehidupan, antara lain sebagai berikut:

  1. Bidang ekonomi

Pengaruh globalisasi pada bidang ekonomi ini, adanya pasar bebas yang menjual berbagai produk dari suatu Negara lain tanpa adanya pajak, sehingga produk asing mudah masuk ke dalam negeri.

  1. Bidang politik

Globalisasi di bidang politik berpengaruh terhadap  sistem demokrasi di masyarakat. Sehingga , bisa turut aktif untuk mengadakan kehidupan bersama serta lebih menghormati hak asasi manusia.

  1. Bidang budaya.

Dalam hal budaya, globalisasi berpengaruh terhadap semakin besarnya pengaruh kebudayaan asing seperti perubahan dari pola perilaku untuk tata cara berpakaian dan berbahasa.

Pengertian Globalisasi, Pengaruh & Dampak Positif Negatifnya

  1. Pengaruh globalisasi pada bidang sosial

Pengaruh globalisasi di bidang sosial yaitu lahirnya kesadaran global, yang membuat manusia selalu  menggantungkan diri dan terus saling membutuhkan.

Pengertian Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Adapun, berikut ini dampak positif globalisasi:

  • Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional dan lebih sportif.
  • Kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan juga efisien. Hal ini yang mendukung produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional.
  • Meluaskan pasar untuk produk dari dalam negeri.
  • Kemajuan di bidang teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi yang semakin memudahkan kehidupan manusia.
Baca Juga  Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia Dan Dunia

Dampak Negatif Globalisasi

Selain mempunyai dampak positif, globalisasi juga mempunyai dampak negatif. Seperti halnya berikut ini:

  • Nilai-nilai dari barat semakin mudah masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat.
  • Semakin lunturnya budaya gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial.
  • Semakin maraknya penyelundupan barang ke Indonesia.
  • Perusahaan dalam negeri lebih tertarik untuk bermitra dengan perusahaan dari luar. Sehingga, kondisi industri dalam negeri sulit berkembang.

Itulah ulasan mengenai pengertian globalisasi, pengaruh & dampak positif dan negatifnya. Globalisasi memang sudah selalu ada dalam kehidupan sehari-hari tanpa bisa dihindari. Maka dari itu, sebagai manusia yang baik, gunakan perubahan yang ada pada zaman ini untuk menjadi lebih baik. semoga bermanfaat.

Pengertian Globalisasi, Pengaruh & Dampak Positif Negatifnya | daftarcarabuatakun | 4.5