Pengertian Demokrasi Dan Demokrasi Liberal Di Indonesia

Categories : Pendidikan

Setiap negara memiliki bentuk pemerintahannya masing-masing. Ada beberapa macam bentuk pemerintahan yang diterapkan oleh negara-negara di dunia, mulai dari aristokrasi, oligarki, otokrasi, monarki, emirat, plutokrasi, hingga demokrasi. Entah negara tersebut menerapkan sistem pemerintahan apa, tetapi setiap negara pasti menerapkan salah satu sistem pemerintahan.

Sistem pemerintahan nyatanya memang harus ada dalam sebuah negara, itu digunakan sebagai pengorganisasian untuk menegakkan kekuasaan atas komunitas politik. Indonesia sendiri saat ini menggunakan bentuk pemerintahan demokrasi. Indonesia dulu juga pernah menerapkan beberapa bentuk pemerintahan yang lain, seperti bentuk pemerintahan demokrasi liberal.

Kali ini kami akan membahas pengertian demokrasi dan demokrasi liberal di Indonesia. Simak paparan kami berikut ini!

Pengertian Demokrasi

Kata atau istilah demokrasi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu demos dan cratos. Demos artinya rakyat, sedangkan cratos artinya pemerintah. Menurut Abraham Lincoln, demokrasi yaitu sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Secara umum arti demokrasi sendiri adalah sistem atau bentuk pemerintahan dimana seluruh warga negaranya memiliki hak yang sama dalam pemerintahan.

Pengertian Demokrasi Dan Demokrasi Liberal Di Indonesia

Bukti bahwa Indonesia menerapkan bentuk pemerintahan demokrasi tercantum dalam konstitusi negara, yaitu Pancasila dan UUD 1945.

  1. Sila ke-4 Pancasila yang berbunyi, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.”
  2. Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi, “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.”

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahwa kami akan memaparkan pengertian demokrasi dan demokrasi liberal di Indonesia. Karena pada pembahasan  sebelumnya kita telah memaparkan pengertian demokrasi, maka pada pembahasan setelah ini kami akan menjelaskan pengertian demokrasi liberal yang pernah diterapkan di Indonesia.

Pengertian Demokrasi Liberal

Demokrasi liberal adalah bentuk pemerintahan di mana setiap warga negaranya memiliki hak konstitusional dari pemerintah. Ciri-ciri dari bentuk pemerintahan ini yaitu kebijakan dan keputusan pemerintahan sepenuhnya dibatasi oleh konstitusi yang berlaku. Selain itu, kebijakan dan keputusan tidak boleh melanggar hak dan kemerdekaan warga negara sebagaimana yang tercantum dalam konstitusi negara.

Baca Juga  Pengertian Globalisasi, Pengaruh & Dampak Positif Negatifnya

Bentuk pemerintahan demokrasi liberal ini berlaku di Indonesia pada masa Kabinet Sukiman (1951-1952), setelah Kabinet Natsir. Berikut beberapa program pokok yang dijalankan pada masa Kabinet Sukiman!

  1. Menjamin keamanan dan ketentraman umum
  2. Membantu mempercepat persiapan pemilihan umum (Pemilu)
  3. Memperbarui hukum agraria agar sesuai dengan kepentingan petani dan mengusahakan kemakmuran rakyat.
  4. Membentuk UU tentang perjanjian kerja sama, penguat serikat buruh, penyelesaian pertikaian buruh, dan penetapan upah minimum.
  5. Memasukkan wilayah Irian Barat menjadi wilayah Indonesia dan menjalankan politik luar negeri Bebas Aktif,.

Demikian paparan terkait pengertian demokrasi dan demokrasi liberal di Indonesia. Apabila belum cukup, Anda bisa mencari informasi lebih lanjutnya sendiri. Semoga bermanfaat.

Pengertian Demokrasi Dan Demokrasi Liberal Di Indonesia | daftarcarabuatakun | 4.5