Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer/Sekunder)

Categories : Pendidikan

Data sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.Anda sering memakainya tanpa sadar secara langsung.Bahkan mungkin sebagian dari Anda belum tahu pengertian data dan jenis data penelitian (primer/sekunder). Jika akan melakukan penelitian, pastinya harus memahami materi ini dengan baik.

Untuk memahami pengertian data lebih lanjut, maka Anda perlu menyimak beberapa definisi data dari para ahli.Berikut ini akan diulas sebagai berikut.

Pengertian Data

Data merupakan fakta atau gambaran yang nantinya akan dikumpulkan oleh para peneliti untuk kemudian diolah. Setelah diolah sedemikian rupa dengan berbagai macam fakta-fakta, selanjutnya dijadikan informasi.Kemudian informasi akan dipakai untuk pengambilan keputusan.

Jenis Jenis Data Penelitian

Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer Sekunder)

Data terdiri dari beberapa jenis, yaitu menurut sumbernya yaitu data primer serta data sekunder.Data primer merupakan data yang diperolehsertadikumpulkan secara langsung oleh peneliti yang ditemukan langsung dari sumbernya.Dapat dikatakan masih asli atau baru.Untuk mendapatkannya, peneliti biasanya harus terjun langsung ke lapangan.Teknik yang dipakai untuk mengumpulkannya diantaranya yaitu wawancara, observasi, menyebarkan kuesioner, serta diskusi terfokus.

Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer/Sekunder)

Data sekunder merupakan data diperoleh oleh peneliti melalui banyak sumber yang sebelumnya telah ada.Artinya peneliti berperan sebagai pihak kedua sebab tidak didapatkan secara langsung.Biasanya bisa diperoleh dari buku, jurnal, laporan, dan lain sebagainya.

Jenis data yang lainyaitu berdasarkan sifatnya yaitu data kualitatif serta data kuantitatif. Data kualitatif adalah bentuk suatu kata-kata dan tidak dijabarkan sebagai bentuk angka.Cara memperolehnya ada bermacam-macam, mulai dari wawancara, diskusi terfokus, wawancara, serta observasi yang dituliskan ke dalam catatan.Gambar atau juga video termasuk ke dalam ranah kualitatif.

Jenis data penelitian kuantitatif adalah berbentuk angka.Cara mengolahnya yaitu dengan menggunakan perhitungan matematika. Ada dua carauntuk mendapatkannya, yaitu dengan diskrit sertakontinum. Diskritadalah lambang yang bentuknya angka dengan membilang. Misalnya jumlah siswa di sekolah Aada 600 siswa. Sedangkan bentuk kontinumcara mendapatkannya dari hasil pengukuran. Misalnya berat badan Aadalah 40 kg.

Baca Juga  Pengertian Teks Eksposisi, Kaidah & Struktur Teks Eksposisi

Setelah mengetahui tentang data, maka Anda perlu mengetahui cara untuk mendapatkannya. Pertama yaitu angket yaitu teknik pengumpulan yang dilakukan dengan pertanyaan atau berupa pernyataan terhadap koresponden. Kemudian koresponden akan menjawab angket tersebut.

Berikutnya observasi yaitu teknik mengamati suatu kondisi tertentu. Selanjutnya wawancara yaitu teknik pengumpulan dengan tatap muka yang menggunakan tanya jawab langsung antara peneliti dan juga koresponden.

Itulah pengertian data dan jenis data penelitian (primer/sekunder) yang harus Anda pahami.Semoga artikel yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk para pembaca yang budiaman.Terlebih untuk Anda yang sedang melakukan penelitian maka sebelumnya harus mengetahui dan faham mengenai data.

Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer/Sekunder) | daftarcarabuatakun | 4.5